Wednesday, November 28, 2007

Tenanglah! Aku Ini, Jangan Takut!

Matius 14:22-33

Di dalam hidup kita seringkali kita sulit merasakan kehadiran Tuhan. Kita merasa sendirian menghadapi masalah hidup kita. Bahkan kadang kita meragukan apakah sebenarnya Tuhan benar-benar ada menyertai kita.

Hal ini terjadi di dalam diri murid-murid Yesus. Mereka kewalahan menghadapi ganasnya gelombang dan berusaha dengan kekuatan sendiri untuk mengatasi masalah ini. Ketakutan dan kekuatiran tersebut sampai meragukan bahwa Tuhan sebenarnya sudah hadir untuk menolong mereka.

Ada 2 alasan mengapa kita sulit merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup kita:

Pertama, karena kita belum mengenal-Nya dengan benar. Murid-murid menyangka mereka melihat hantu sampai mereka teriak-teriak ketakutan. Kekuatiran menutupi iman mereka padahal mereka baru saja melihat Yesus membuat mujizat dengan memberi makan lebih dari 5000 orang (Mrk. 6:52). Tidak heran, keluar pengakuan dari mulut mereka, “sesungguhnya Engkau Anak Allah (ay. 33)” Mereka baru saja benar-benar menyadari siapakah Guru mereka ini. Apakah saudara sudah mengenal Tuhan dengan benar? Kenallah Dia dengan benar melalui firman-Nya!
Kedua, karena kita belum mengakui kuasa-Nya. Petrus meragukan kehadiran Tuhan sehingga ia membutuhkan pembuktian. Tuhan membuktikan dengan kuasa mengijinkan Petrus merasakan bagaimana bisa berjalan di atas air. Tetapi kekuatiran belum juga jauh dari diri Petrus sehingga ia mulai tenggelam. Belajar dari Petrus, kita perlu sekali mengakui bahwa Tuhan memiliki kuasa untuk menolong kita keluar dari masalah kita. Tetapi Ia tidak akan membabi buta menolong kita bila itu tidak akan memuliakan nama-Nya. Karena itu, poin pertama yaitu pengenalan yang benar akan Tuhan sangat penting untuk menolong kita memahami rencana dan waktunya kuasa Tuhan bekerja.

Kenallah Tuhan melalui firman-Nya sehingga saudara dapat mengakui kuasa-Nya yang bekerja sesuai waktunya Tuhan.

No comments: